mp3 Player

Efek klik kanan

Selasa, 19 April 2016

Tips Belajar IT

#########################################################################
Tips Belajar IT

########################################################################

Oke saya akan mulai ngebanyol....

Kita tau, dunia IT tuh luass banget. Oiya mungkin saya akan cerita sedikit yang saya tau tentang IT.
IT itu singkatan dari Information Technology.

Informasi    = Data yang telah diolah dan memiliki arti tertentu bagi penggunanya
Technology   = Techno dan Logos

Techno = Teknik, ini berarti bukan teori tapi ilmu terapan
Logos = Mungkin kamu tau ye, sama seperti logos dalam kata biologi, zoologi dll. Artinya kira2 adalah ilmu.

Jadi kalau saya tdk salah technology adalah ilmu yang mempelajary ttg teknik.
perlu diingat technology itu produk jadi atau terapan, paroduk dari apa? Ya itu tadi ilmu tadi.

Jadi dapat loe bayangin IT itu luaaaaasss banget. Segala yang berhubungan dengan teknologi informasi bisa masuk ke IT.
Mungkin pemikiran kita selama ini IT hanyalah telekomunikasi dan komputer. Memang itu adalah bagian yg sangat penting
dari IT, tapi ada lho bagian lain. Jadi seluruh produk terapan utk mengolah/utak-utik informasi itu bisa disebut IT,
misal: Kentongan, pentungannye tukang es tung2, klakson, dll.


Oke2 kita sekarang konsen ke komputer aja, ini kan bidang kita....:)

Seperti kita ketahui bidang komputer itu kan banyak banget, misal:
-Database
-Web
-Networking
-Programming
-Hacking/Security
-Operator, dll

Kalo kita pelajarin semua itu, maka gwe jamin kita akan klenger....
Bayangin loe harus gape: Linux, C, PHP, Oracle, VB, Cisco, Windows, Office, Flash, Dreamweaver, dll.
Gimane gak klenger tuh......:)

Nah saya punya sedikit trik untuk menyiasatinya nih, mudah mudahan berguna.
Begini nih caranya:

1- Tentukan tujuan ente. Udah baca bukunya Stephen R Covey yg judulnya 7 habbit of Highly Effective teen
(7 kebiasaan remaja yang efektif)? kl belom gwe ada tuh mau kl sewa. atau beli di gramed murah kok cm sekitar 30rb an.
gwe dapet advice yg bagus bgt tuh dari buku itu: Sama seperti loe nyetir kendaraan, loe hrs tau dulu loe mau kemana.
* apakah anda tertarik dengan networking?
* apakah anda tertarik dengan database?
* apakah anda tertarik dengan hacking/security?
* apakah anda tertarik dengan desain, web aplication atau programming?
Semuanya terserah anda, anda harus tentukan dulu dari awal anada mau kemana. Kalau bisa satu2 aja dulu, walaupun anda
mungkin tertarik dengan lebih dari satu. Tapi intinya fokus aja dulu (coba baca bukunya Al-Ries yg judulnya
"Fokus, masa depan perudahaan anda ditentukan oleh fokus").
Oh iye, selain harus tau tujuan, ente harus berusaha sulu 'utk jadi sopir dari diri loe sendiri',
maksudnya gini: Tujuan loe itu adalah murni kemauan loe, bukan kemauan ortu, pacar, temen atau sekedar ikut2an.

2-Dasar dari semuanya adalah OS (Operating System). Seperti kita ketahui, OS adalah background dari aplikasi yang
berjalan di atas komputer. Loe mau jalanin program apaun (database, desain, dll) loe pasti harus belajar OS dulu.
So, pilih OS dari sekarang yg loe mau. Loe bisa pilih Microsoft base, atau OpenSource base (Spt Linux). J
adi mulai dari sekarang, kamu perdalam lagi ya kemempuan pengoperasian OS kau (Tidak hanya sekedar buka Windows
Explorer doang lho)

3-Tinggal pilih deh kamu mau apa. Ada beberapa skenario yang ada dalam otak saya sekarang ini:
-Kamu pilih Linux sebagai OS, kamu tertarik ke database: Kamu bisa belajar PostgreSQL, MySQL, dll.
-Kamu pilih Windows sebagai OS, kamu tertarik ke database: Kamu bisa belajar Ms SQL server atau bisa juga Oracle.
-Kamu pilih Linux sebagai OS, kamu tertarik ke desain grafis: Kamu bisa pakai GIMP, atau KIvio, dll.
-Kamu pilih Windows sebagai OS, kamu tertarik ke desain grafis: Kamu bisa pakai Photoshop, Corel Draw, Visio, dll.


4-Strategi belajar: Ini negh yang rada seru, saya buka rahasia belajar saya (Tapi gak selalu yang terbaik).
* Buat target dari sekarang (jangka pendek). Misal dalam 1 bulan ini kamu harus tamatin 1 buku tentang topik
bahasan tertentu. Misal saya abis beli buku "Winsows 2000 professional reference", maka saya harus 'habiskan'
dalam membaca buku tersebut dalam 2 bulan. Jadi dalam 2 bulan saya harus sudah bisa Windows 2000.
Bagaimanapun caranya. Misal: saya baca buku tersebut, lalu saya 'incar' orang yg tau tentang pokok bahasan
tersebut. Jadi jika ada pertanyaan maka saya akan tanya ke dia.
* Buat target jangka panjang. Misal saya harus mendapatkan sertifikasi CCNA (Cisco Certified Network Associate)
dalam 6 bulan ini. Jadi saya harus mengejar target tersebut.

Tips yg lain....
Belum kepikiran...:)


Oke deh itu aja dulu tips dari saya.
Oiya kalau kamu ada saran dan kritik kirim balik ye. Misal kamu merasa bahwa tulisan saya kurang bermutu pada bagian blah blah blah...
Boleh kok, saya juga masih belajar. Jadi kita sama2 belajar otreh...?

Oke deh selamat belajar aja.....

Pesan:"Ilmu yang tidak diamalkan, seperti pohon tanpa buah".

Note:
KillFinger: "Ini merupakan tulisan yang sudah lama bgt namun masih tetap relevan dengan perkembangan IT saat ini."

0 komentar:

Posting Komentar